Analisis
SWOT adalah metode perencanaan strategis yang
digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses),
peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu
spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT (strengths,
weaknesses, opportunities, dan threats). Proses ini melibatkan penentuan tujuan
yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor
internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan
tersebut. Analisis SWOT dapat diterapkan dengan cara menganalisis dan memilah
berbagai hal yang mempengaruhi keempat faktornya, kemudian menerapkannya dalam
gambar matrik SWOT, dimana aplikasinya adalah bagaimana kekuatan (strengths)
mampu mengambil keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada,
bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan
(advantage) dari peluang (opportunities)yang ada, selanjutnya bagaimana
kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada, dan terakhir
adalah bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat
ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.
Tujuan analisis swot
- Memanfaatkan
keuntungan dari kekuatan yang dimiliki dan kesempatan yang ada.
- Meminimalisasi
Kelemahan dan mengeliminasi ancaman.
UNTUK
MENGETAHUI KEKUATAN ( STRENGTHS )
Faktor
|
Nilai
|
Bobot
|
Rating
|
Skor
|
|
Rasa
pizza kami sangat enak dan memiliki rasa khas.
|
90
|
78
|
70
|
90
|
Layanan
kepada pelanggan.
|
80
|
79
|
75
|
90
|
Pizza
kami bebas dari bahan kimia dan pengawet.
|
90
|
76
|
79
|
80
|
Tempat
yang stategis.
|
70
|
67
|
87
|
70
|
|
Jumlah data
|
330/4
|
|
Total kekuatan
|
82,2
|
Hal yang harus
dilakukan setelah analisis
|
|
Mempertahankan rasa dan ke khasan suatu produk
yang di buat.
|
Meningkatkan kepuasan pelayanan kepada pelanggan.
|
Menjaga bahan agar tidak menggunakan bahan kimia
ataupun pengawet.
|
UNTUK
MENGETAHUI KELEMAHAN ( WEAKNESSES )
Faktor
|
Nilai
|
Bobot
|
Rating
|
Skor
|
|
Harga
yang terlalu mahal bagi masyarakat.
|
60
|
50
|
48
|
67
|
Tidak
bisanya memaksa konsumen kelas bawah untuk membeli produks kami.
|
50
|
56
|
78
|
56
|
Banyak
pesaing di lingkungan.
|
66
|
55
|
68
|
70
|
|
Jumlah data
|
193/3
|
|
Total kekuatan
|
64,33
|
Hal yang harus
dilakukan setelah analisis
|
|
Memberi
kepercayaan kepada konsumen agar dapat membeli produk kami
|
Meningkatkan
kualiatas agar dapat lebih baik dari pesaingnya.
|
UNTUK
MENGETAHUI PELUANG ( OPPORTUNITIES )
Faktor
|
Nilai
|
Bobot
|
Rating
|
Skor
|
|
Pizza
kami memiliki komitmen dalam menjaga produk yang memang sangat bagus dan
terjaga.
|
79
|
70
|
88
|
95
|
Membuat
cabang baru di dekat pasar agar mudah dijangkau masyarakat.
|
88
|
70
|
87
|
90
|
Memberi
akses wifi gratis di area toko kami
|
70
|
75
|
77
|
80
|
|
Jumlah data
|
265/3
|
|
Total kekuatan
|
88,3
|
Hal yang harus
dilakukan setelah analisis
|
|
Memualai
membuka cabang baru di tempat keramaian seperti di pasan.
|
Meningkatkan
kecepatan wifi agar konsumen lebih nyaman berada di area toko.
|
UNTUK
MENGETAHUI ANCAMAN ( THREATS )
Faktor
|
Nilai
|
Bobot
|
Rating
|
Skor
|
|
Apabila
harga baku mahal maka produks akan mengikuti harga bahan baku dan akan
menjadi mahal
|
68
|
55
|
76
|
70
|
Banyak
pesaing yang mengikuti produk yang telah kami buat selama ini.
|
65
|
56
|
74
|
69
|
|
Jumlah data
|
139/2
|
|
Total kekuatan
|
69,5
|
Hal yang harus
dilakukan setelah analisis
|
|
Menjaga
kualitan dan jangan menaikan harga dengan cepat dan tinggi agar konsumen
tidak lari dari produk kita.
|
Meningkatkan
karya baru dalam produk yang dijual agar konsumen lebih mengetahui siapa yang
paling bagus dalam pelayanan dan pembuatan produk.
|
Dari data nilai SWOT di
atas terdapat kesimpulan nilai sebagai berikut :
SKOR
KEKUATAN (STRENGTH) = 82,2
SKOR KELEMAHAN (WEAKNESS) = 64,3
SKOR PELUANG (OPPORTUNITIES) =
88,3
SKOR
ANCAMAN (THREATS) = 69,5
Dari
hasil perhitungan di atas, di dalam perhitungan strateginya memerlukan penegasan dari adanya posisi dalam
salib sumbu yaitu antara kekuatan dan kelemahan, maupun peluang dan ancaman
yang kesemuanya digambarkan dalam garis-garis positif dan negatif. Hal ini
mengakibatkan, skor total STRENGTH = 82,2 skor total WEAKNESS = 64,3 sedangkan skor OPPORTUNITIES = 88,3 dan skor THREATS = 69,5.
Dari analisis diatas bahwasannya factor
kekuatan lebih besar dari factor kelemahan dan pengaruh dari factor peluang
juga lebih besar dari factor ancaman. Oleh karena itu posisi Pizza hut di
jl.Za. Abidin No 70 Bandar Lampung berada pada posisi PERTUMBUHAN, Dimana hal
ini menunjukan kondisi Pizza Hut di Bandar Lampung yang sangat kuat , Dengan keadaan lingkuangan
yang sedikit MENGANCAM produk.
Koordinat Pizza Hut
Bandar Lampung
Koordinat
Analisis Internal :
Skor
Total Kekuatan – Skor Total Kelemahan : 2 = 82,2 - 64,3 : 2 = 8,95
Koordinat
Analisis Eksternal :
Skor
Total Peluang – Skor Total Ancaman : 2 = 88,3
- 69,5 : 2 = 9,4
Jadi:
titik koordinatnya terletak pada ( 8,95 :
9,4 )
Title : Contoh analisis swot penjualan Pizza dan pengertiannya
Description : Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang...